Tetap Sehat Saat Menjalankan Ibadah Puasa Bukan Hal yang Mustahil

Saat ini, seluruh umat muslim di dunia sedang melaksanakan salah satu rukun Islam, yaitu puasa. Puasa yang dilakukan di bulan ramadhan ini bisa sampai 30 hari lamanya, mulai dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Saat melaksanakan ibadah puasa tersebut, mereka tidak diperbolehkan untuk makan dan minum karena dapat membatalkan puasa.

Meskipun sedang berpuasa, mereka tidak libur dari aktivitas yang sudah dilakukan sejak sebelum datangnya bulan puasa. Akibatnya, dehidrasi atau jatuh sakit pun merupakan hal yang terkadang sulit dihindari. Namun, apakah hal tersebut tidak dapat diantisipasi? Tentu saja tidak! Untuk kamu yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa, berikut merupakan tips yang dapat kamu lakukan agar tubuhmu tetap sehat meskipun seharian berpuasa.

  1. Perbanyak asupan air minum

Berpuasa selama lebih dari 12 jam tentu akan membuat kita merasakan haus, apalagi jika kita tetap diharuskan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan meskipun kita sedang berpuasa. Oleh karena itu, di waktu sahur dan berbuka, asupan air minum merupakan hal yang tidak boleh untuk disepelekan. Kita tetap dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air sebanyak dua liter per hari. Pada saat sahur, kita bisa minum sebanyak dua gelas air agar tubuh tetap terhidrasi selama menjalankan puasa satu hari penuh. Ketika sudah masuk waktu berbuka, kita juga bisa mengembalikan cairan tubuh dengan meminum dua gelas air. Setelah tarawih hingga menjelang tidur malam, jangan lupa untuk minum air putih lagi agar kadar cairan di dalam tubuh tetap seimbang.

  1. Jangan makan makanan berlemak tinggi dan terlalu berminyak saat sahur

Tahukah kamu, makan makanan yang berlemak tinggi dan cenderung berminyak saat sahur dapat membuat perutmu menjadi tidak nyaman. Kadar lemak yang tinggi dapat menyebabkan sakit perut. Makanan yang berminyak juga dapat membuat kita menjadi lebih mudah haus dan tenggorokan menjadi sakit. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap proses ibadah puasa yang sedang kita jalankan.

  1. Lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat

Meskipun sedang berpuasa, kita dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga loh. Jadi, bukan berarti kita harus bermalas-malasan saat puasa ya. Namun, jenis olahraga yang dilakukan tentu saja berbeda dengan saat kita tidak berpuasa. Olahraga ringan seperti berjalan kaki jarak tempuh pendek dan juga senam ringan untuk peregangan otot merupakan olahraga yang dapat kita lakukan agar tubuh tetap sehat.

Itu tadi merupakan beberapa tips agar kita tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa. Jika kamu memiliki tips lainnya, tulis di kolom komentar ya. Selamat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *