Mengapa Rumah Minimalis Semakin Diminati?

Saat ini, rumah minimalis menjadi salah satu tipe rumah yang sangat diminati masyarakat. Pasangan yang baru menikah, terutama kalangan kaum milenial lebih tertarik untuk memiliki rumah yang sederhana daripada rumah yang besar. Tipe rumah yang minimalis yang paling disukai adalah 36 dan 21. Ternyata, ada beberapa alasan mengapa masyarakat masa kini cenderung menyukai tipe rumah yang minimalis?

  1. Menghemat anggaran

Rumah yang minimalis sangat disukai oleh masyarakat karena proses pembangunannya yang tidak memerlukan banyak anggaran. Jika sebelumnya kita perlu menyiapkan anggaran yang begitu besar karena membangun rumah yang ukurannya besar, maka dengan adanya rumah minimalis, anggaran tersebut tentunya akan semakin berkurang. Hal ini menjadi alasan para pasangan baru karena kebanyakan dari mereka juga sedang berada pada masa-masa awal membangun ekonomi keluarga.

  1. Sederhana

Bentuk rumah minimalis cenderung sederhana dan hal ini disukai oleh orang-orang yang tidak terlalu menyukai desain rumah yang terlalu rumit. Bagi mereka yang menyukai model-model yang sederhana, rumah minimalis menjadi pilihan utama karena terlihat simpel. Namun, meskipun wujud luar dari rumah minimalis cenderung terlihat simpel, orang-orang biasanya akan menyulap ruangan di dalam rumah menjadi elegan. Jadi, meskipun simpel, rumah minimalis tetap memberikan kesan yang mewah.

  1. Tidak perlu terlalu banyak membeli furnitur atau aksesoris tambahan

Rumah yang luas tentu membutuhkan lebih banyak furniture dan aksesoris tambahan daripada rumah yang minimalis. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada pengeluaran anggaran yang lebih banyak. Rumah minimalis disukai karena ukurannya yang kecil menyebabkan pemilik rumah tidak terlalu banyak mengeluarkan anggaran untuk membeli berbagai macam furniture atau aksesoris demi mempercantik isi rumah.

  1. Bersih-bersih jadi lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama

Ukurannya yang kecil menyebabkan rumah minimalis menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. Hal ini berpengaruh pada berapa lama waktu dan tenaga yang diperlukan. Rumah yang minimalis dapat dibersihkan lebih cepat, sehingga pemilik rumah tidak terlalu lelah untuk membersihkan seluruh isi rumah.

  1. Mudah untuk dijual kembali

Bagi pasangan yang memiliki pekerjaan yang berpindah-pindah, misalnya hanya menetap di suatu wilayah dalam kurun waktu lima tahun namun tidak ingin mengontrak rumah, memiliki rumah minimalis juga menjadi suatu pilihan yang strategis. Apabila dirawat dengan baik, rumah tersebut dapat dijadikan sebagai investasi yang menjanjikan, dalam hal ini dapat dijual kembali ketika mereka harus berpindah tempat kerja ke wilayah yang lain.

Itulah beberapa alasan mengapa rumah minimalis saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *