Infeksi Setelah Operasi? Cegah dengan Cara Berikut

Cegah Infeksi

Bagi Anda yang baru menjalani operasi, Anda tentu sudah tidak sabar untuk beraktivitas secara normal kembali. Namun, sabar dulu, pasca operasi diperlukan proses pemulihan terlebih dahulu agar tubuh bisa siap untuk kembali beraktivitas secara normal. Salah satunya yakni proses pemulihan pada luka bekas operasi.

Luka bekas operasi perlu mendapatkan penanganan yang serius agar dapat sembuh secara total. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan obat luka operasi agar lebih cepat kering. Akan tetapi, cara itu saja tidak cukup, karena Anda juga perlu mengetahui berbagai langkah pencegahan infeksi pada luka bekas operasi. Untuk itulah, hal-hal berikut ini penting untuk disimak agar pencegahan bisa berjalan secara optimal.

Memahami pertanda infeksi

Untuk mencegah terjadinya luka setelah menjalani operasi, maka ada baiknya jika Anda juga memahami apa saja tanda-tanda sebuah luka mengalami infeksi. Beberapa tanda infeksi yang perlu diwaspadai antara lain seperti luka yang terasa panas, ruam kemerahan pada area sekitar luka, demam tinggi, pembengkakan pada area sekitar luka sampai keluarnya bau pada luka tersebut. Sebelum mendapatkan pertanda tersebut, langkah pencegahan tentu perlu dilakukan seperti rutin membersihkan luka agar tidak ada kotoran yang masuk. Jika ada salah satu pertanda infeksi yang terjadi, maka sebaiknya jangan tunda kunjungan ke dokter untuk melakukan konsultasi dan langkah pengobatan yang tepat untuk dilakukan.

Waspada diare

Salah satu cara untuk mencegah infeksi pada luka bekas operasi adalah dengan memperhatikan seberapa sering frekuensi buang air besar yang Anda lakukan. Sebab, frekuensi buang air besar yang tidak lancar merupakan salah satu pertanda Anda mengalami infeksi.

Ketika memiliki luka pasca operasi, Anda perlu berhati-hati dengan apapun yang berbeda pada tubuh Anda. Sebab, ketika ada yang tidak normal, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda Anda tengah mengalami infeksi. Diare misalnya, merupakan salah satu pertanda infeksi yang perlu diwaspadai terutama setelah minum antibiotic. Terutama, jika diare terjadi selama 3 kali dalam 24 jam.

Selain mengetahui langkah pencegahan infeksi agar tidak terjadi pada luka bekas operasi, penting juga untuk rutin membaca info kesehatan terupdate dan terpercaya. Info kesehatan dari guesehat bisa menjadi pilihan terbaik karena terpercaya dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *