Anti Basah! 4 Rekomendasi Bahan Custom Jacket Waterproof

Jacket Waterproof

Jaket memang merupakan andalan banyak orang, khususnya saat mereka beraktivitas di luar ruangan atau outdoor. Mengingat kegunaannya tersebut, banyak jaket yang dibuat dari bahan yang anti air atau waterproof. Anda sendiri juga bisa membuat custom jacket anti air ini, sehingga saat hujan Anda tak akan basah kuyup. Berikut beberapa bahan kain waterproof yang bisa Anda pilih.

1. Kain Parasut

Kain parasut dikenal dengan teksturnya yang lumayan kasar dan juga tipis. Teksturnya yang seperti ini, membuatnya tak mudah untuk menyerap air. Jadi, jika kebetulan Anda memakainya saat hujan, kondisi basah kuyup akan bisa Anda hindari. Jaket yang terbuat dari kain parasut, juga tergolong kuat dan tahan lama, jadi Anda tak perlu menghabiskan uang untuk membeli jaket lain lagi.

Dikarenakan tipisnya kain parasut ini, maka tak butuh waktu lama untuk mengeringkannya. Apalagi jika Anda mencuci lalu menjemurnya di bawah sinar matahari, tak cukup satu jam, tas sudah bisa langsung digunakan kembali. Kain parasut juga sangat ringan, jadi Anda tak akan merasa terbebani saat memakainya. Sedia selalu jaket berbahan parasut, saat musim hujan datang menjelang.

2. Kain Ripstop

Kain selanjutnya yang sering digunakan untuk membuat jaket waterproof adalah ripstop. Ciri khas kain ini adalah pola persegi kecil yang memenuhi seluruh permukaannya. Benang nilon yang menjadi bahan utama pembuatan kain ini disusun dengan begitu rapat, sehingga membuatnya tak mudah robek. Kerapatan dan kepadatan dari komponen yang menyusun kain ini, membuat air yang mengenainya tak mudah menyebar.

Jika Anda bikin custom jacket dengan kain ini, dijamin Anda tak perlu menggantinya dalam beberapa tahun ke depan, saking kuatnya kain ini. Daya tahan kain ripstop juga membuat robekan yang sekiranya terjadi di permukaannya, tak akan melebar dengan mudah. Ringannya kain ripstop ini akan mendukung keaktifan Anda dalam bergerak, terutama kala menjalankan aktivitas di alam bebas.

3. Kain Taslan Balon

Salah satu varian kain taslan yang dikenal dengan sifat anti airnya adalah taslan balon. Kain taslan balon memiliki permukaan yang mulus dan sedikit tebal. Jadi, walaupun cuaca dingin dan juga hujan, Anda akan tetap merasa hangat dan tak akan basah kuyup. Walau kain taslan balon ini lebih tebal dibanding dua kain sebelumnya, namun tetap terasa ringan dan menempel dengan nyaman di tubuh Anda.

Dikarenakan banyak varian taslan di pasaran, Anda jangan sampai salah dalam memilih bahan kain untuk jaket custom Anda. Agar nanti tak salah pilih, Anda bisa mencoba sendiri bagaimana ketahanan permukaan kain taslan tersebut saat diteteskan air. Saat permukaan kain taslan balon dijatuhi tetesan air, maka air akan terus meluncur ke bawah, layaknya air di permukaan daun talas.

4. Kain Gore-Tex

Rekomendasi kain anti air selanjutnya untuk pembuatan jaket custom Anda adalah kain gore-tex. Kain ini identik dengan permukaannya yang licin dan halus. Selain partikel penyusun kain gore-tex yang padat dan menghalangi masuknya air ke bagian dalam, kain ini juga dikenal dengan sirkulasinya yang bagus. Jadi, panas yang menguar dari dalam tubuh, bisa dialirkan keluar.

Itulah tadi 4 jenis kain yang bisa Anda gunakan untuk membuat jaket yang waterproof. Selain melindungi diri Anda dari cuaca dingin dan panas, custom jacket yang terbuat dari kain ini juga akan melindungi Anda dari kebasahan. Kain-kain ini pun relatif ringan, sehingga tak akan menghambat Anda dalam beraktivitas. Dengan desain yang elegan, jaket dari kain ini pun akan makin terlihat keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *