Tidak Mau Badanmu Gosong Terbakar? Hati-Hati terhadap Beberapa Hal Berikut Ini Saat Kamu Mengisi BBM di SPBU!

Alat kendaraan bermotor tentu membutuhkan bahan bakar supaya dapat digunakan untuk berkendara. Salah satu tempat resmi untuk membeli bahan bakar tersebut adalah SPBU. Setiap hari, ratusan bahkan mungkin ribuan orang selalu mengisi bahan bakar di SPBU. Di tempat pengisian bahan bakar tersebut sebenarnya sudah terdapat banyak rambu-rambu yang berisi tentang hal-hal yang dilarang untuk dilakukan saat mengisi bahan bakar. Namun, masih banyak orang-orang yang terkadang tidak mempedulikan rambu larangan tersebut. Padahal, larangan tersebut bisa menimbulkan bahaya yang besar apabila pengisi bahan bakar tetap melanggarnya. Apa saja yang harus diperhatikan saat mengisi BBM di SPBU? Kamu harus segera meninggalkan hal-hal berikut saat mengisi BBM di SPBU supaya tidak menimbulkan adanya kecelakaan kerja, terutama kebakaran hebat di SPBU.

  1. Bermain gadget saat mengisi bahan bakar

Gadget merupakan salah satu benda yang dilarang untuk digunakan saat pengisi bahan bakar sedang berada di SPBU. Hal ini dikarenakan gadget tersebut dapat memicu terjadinya kebakaran dan ledakan di SPBU. Oleh karena itu, jangan sampai kamu memainkan gadget saat mengisi BBM jika kamu tidak ingin mendapatkan kerugian yang besar.

  1. Merokok di SPBU

Bermain gadget saja bisa memicu kebakaran, apalagi jika kamu merokok di SPBU. Kondisi rokok yang menyala sewaktu-waktu dapat menimbulkan kebakaran hebat hanya dengan sedikit terciprat bahan bakar yang sedang diisikan ke tangki kendaraan.

  1. Tidak mematikan kendaraan ketika mengisi bahan bakar

Mesin kendaraan yang panas bisa saja menimbulkan terjadinya percikan api. Jika percikan api tersebut mengenai tangki bensin, maka dapat kamu bayangkan betapa hebat kebakaran yang akan terjadi di SPBU. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu lupa mematikan mesin saat akan mengisi bahan bakar di SPBU.

  1. Mengisi tangki sampai meluber

Banyak orang terbiasa untuk mengisi bahan bakar hingga tangkinya penuh. Terkadang, mereka bahkan menggoyang-goyangkan tangki kendaraannya untuk memastikan bahwa tangkinya sudah benar-benar penuh. Namun, hal tersebut sangat tidak disarankan. Alasannya adalah karena tindakan tersebut bisa saja membuat bahan bakar yang ada di dalam tangki meluber dan tumpah-tumpah. Jika bahan bakar yang tumpah tersebut terkena panasnya mesin ada benda-benda lain yang mudah terbakar, maka kamu bisa membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Empat poin di atas adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat kamu akan mengisi bahan bakar di SPBU. Jangan sampai lupa ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *