Ramainya Jalan Karang Menjangan Saat Ramadhan

 

Bulan puasa memang menjadi kesempatan bagi orang-orang yang ingin berdagang makanan ataupun minuman. Setiap sore hari, banyak penjual yang menjajakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Salah satu tempat yang tidak pernah sepi ketika sore hari di bulan ramadhan adalah Jalan Karang Menjangan. Lokasinya berada di Surabaya, tepatnya di sebelah timur RSUD Dokter Soetomo.

Sebenarnya, bulan-bulan biasanya di Jalan Karang Menjangan pun selalu ramai oleh para pedagang. Namun, saat bulan puasa, jumlah para pedagang di jalan tersebut semakin membludak. Berbagai macam jenis makanan dan minuman pun tersedia di sana.

Sore tadi, penulis berkesempatan untuk jalan-jalan di sepanjang Jalan Karang Menjangan dan melihat-lihat apa saja yang dijajakan di sana. Banyak berbagai macam makanan dan minuman, bahkan ada salah satu penjual yang menjual pakaian. Berikut ini adalah beberapa situasi yang sempat diabadikan oleh penulis.

Lapak yang pertama kali penulis kunjungi adalah sekumpulan kakak-kakak yang sedang menjajakan pakaian. Mereka menjajakan pakaian bekas di sana dan hasilnya akan digunakan untuk keperluan pengabdian masyarakat.

Lapak kedua yang penulis kunjungi adalah lapak penjual kue balok. Kalian pasti tahu dong dengan kue yang akhir-akhir ini sedang hits di mana-mana? Kue balok yang dijual di Jalan Karang Menjangan tersebut dibandrol dengan harga paling murah Rp15.000 per porsi. Harga tersebut terbilang murah karena rasa dari kue yang dijual tersebut juga lezat.

Apakah kalian sering membeli kebab? Penulis sangat menyukai kebab. Namun, baru kali ini penulis menjumpai kebab yang dijual dengan harga Rp5000 saja. Sempat ragu dengan bagaimana rasa dari kebab tersebut, penulis akhirnya membeli seporsi kebab untuk mencari tahu bagaimana rasa kebab dengan harga yang sangat terjangkau itu. Kebab yang disajikan memang hanya terdiri dari kulit kebab yang diisi dengan potongan daging kambing, selada air, saus sambal, dan mayonnaise, namun rasanya tergolong enak dengan harga yang hanya seukuran parkir motor.

 

Buka puasa tentu kurang nikmat jika tanpa minum yang segar-segar. Penulis membeli es blewah yang harganya hanya Rp4000 saja. Rasa blewah yang manis dipadukan dengan es sangat terasa nikmat dan segaaar di tenggorokan.

 

Lapak terakhir yang penulis kunjungi adalah lapak penjual roti Maryam. Di tempat tersebut tersedia berbagai macam rasa, mulai dari original, strawberry, coklat, dan keju. Roti Maryam original ukuran mini dihargai Rp3000 dan ukuran yang besar Rp5000.

 

Itulah cerita singkat mengenai jalan-jalan kuliner hari ini di Jalan Karang Menjangan. Kalau kamu punya cerita tentang wisata kulinermu, share ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *