Gemar Travelling? Jangan Tinggalkan Sunscreen!

Travelling merupakan salah satu agenda yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika mereka mendapatkan hari libur atau sedang suntuk. Selain itu, travelling pun bisa menjadi hobi sekaligus pekerjaan bagi sebagian orang. Gunung dan pantai merupakan dua lokasi yang paling sering dikunjungi oleh orang-orang yang gemar travelling. Di balik kegiatan travelling tersebut, ada yang harus diperhatikan agar kondisi kulit tidak rusak setelah melakukan travelling, yaitu pemakaian sunscreen.

Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, terutama sinar UV A dan UV B yang dapat menimbulkan masalah kulit, seperti kulit kering, menjadi gelap, bahkan melepuh karena terbakar. Penggunaan sunscreen menjadi benar-benar wajib untuk diterapkan ketika seseorang berada di luar ruangan selama berjam-jam. Sunscreen mengandung berbagai bahan kimia aktif yang memiliki fungsi sebagai filter atau penyaring untuk meminimalkan penyerapan sinar UV. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam sunscreen adalah Octinoxate, Oxybenzone, Helioplex, Tinosorb, Octylcrylene, Homosalate, dan Uvinul A Plus.

Sunscreen memiliki tekstur lebih cair dan lebih mudah menyerap ke dalam kulit jika dibandingkan dengan sunblock. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen lebih tepat digunakan di area yang membutuhkan penyerapan produk lebih cepat. Namun, sunscreen tidak tahan air, sehingga jika ingin travelling ke lingkungan air, Anda disarankan untuk memakai sunblock karena teksturnya yang lebih kental dan lebih tahan air.

Penggunaan sunscreen juga tidak bisa hanya digunakan dalam satu kali pemakaian. Anda harus mengulang pemakaian sunscreen dalam beberapa jam sekali agar manfaat yang ada di dalam sunscreen tersebut benar-benar terasa di kulit Anda. Hal ini pun berlaku pula pada penggunaan sunblock. Waktu yang disarankan untuk pengaplikasian ulang sunscreen maupun sunblock adalah tiap tiga jam sekali atau ketika Anda merasakan bahwa kulit Anda mengalami efek panas karena sengatan matahari.

Mulai sekarang, ayo rutin menggunakan sunscreen agar kulit kita terlindungi dari bahaya sinar UV yang dapat memberikan efek negatif pada kulit. Jangan sampai terlewat ya. Sayangi kulitmu seperti kamu menyayangi hobi travelling-mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *