Destinasi Wisata Gunung Kelud

Apakah kalian pernah berwisata ke Gunung Kelud? Gunug Kelud merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kediri, tepatnya berada di Kecamatan Ngancar. Pada tahun 2014, gunung ini pernah mengalami erupsi yang dampaknya sampai dirasakan oleh masyarakat di daerah Bandung. Pada saat itu, material kawah membumbung tinggi dan terbawa angin hingga sampai ke Surabaya, Yogyakarta, bahkan Bandung. Seluruh akses masuk ke kawasan tersebut sempat ditutup total untuk menghindari adanya risiko kecelakaan atau letusan susulan. Anak Gunung Kelud kini sudah tidak ada lagi dan menyisahkan kawah.

Saat ini, lokasi di sekitar Gunung Kelud telah mengalami banyak perbaikan dan jalur wisatanya telah dibuka kembali. Para wisatawan telah diperbolehkan untuk berwisata di sekitar gunung kelud karena jalur-jalurnya sudah diperbaiki dan aman untuk dilewati. Jika kalian berkeinginan untuk berwisata ke kawasan Gunung Kelud, ada beberapa waktu yang sebaiknya diperhatikan agar kalian benar-benar mendapatkan momen yang tepat dan benar-benar berkesan.

  1. Menjelang terbitnya matahari

Pada saat tersebut, Anda bisa mengunjungi kawasan Gunung Kelud. Salah satu kawasan yang bisa dikunjungi agar kalian dapat benar-benar menikmati pemandangan kawah Gunung Kelud adalah puncak Gajah Mungkur. Sinar dari matahari yang baru saja terbit menciptakan efek siluet yang sangat indah. Langit di atas kawasan tersebut pun tampak sangat bersih dan awan mendung pun hanya tampak sedikit.

  1. Menjelang hari gelap

Selain menjelang terbitnya matahari, menjelang matahari terbenam pun menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan Gunung Kelud. Kalian dapat menyaksikan wilayah Kediri seperti diguyur sinar berwarna violet yang memanjakan mata. Setelah itu, perlahan-lahan sinar violet tersebut digantikan oleh lampu-lampu yang berkelap-kelip.

  1. Larung Sesaji

Setiap tanggal 1 Suro, masyarakat di sekitar lereng Gunung Kelud biasanya melaksanakan ritual larung sesaji. Para sesepuh akan memimpin upacara dan sesembahan diarak menuju kawah untuk kemudian dilarung. Pada saat itu, kalian akan dapat menyaksikan kekayaan alam Gunung Kelud berpadu dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Kediri.

 

Kalau kalian mengunjungi Gunung Kelud, jangan lupa bagikan ceritamu di kolom komentar ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *